PLN Hebat, Abdi Masyarakat
p.s. : Essay ini ditulis untuk mengikuti lomba blog "Ideku Untuk PLN" 2014
PLN abdi masyarakat
Bekerja dengan penuh tanggung jawab
Menyediakan listrik ke seluruh pelosok tanah air
Serta layani kebutuhan kota dan pedesaan
Serta Tingkatkan kemakmuran,secara adil dan merata
Untuk mendorong memajukan Bangsa Indonesia
Membaca untaian lirik mars PLN diatas membuat saya tersadar begitu penting dan mulianya tugas Perusahaan Listrik Negara. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam kegiatan pembangkitan, penyaluran, serta pembangunan sarana penyediaan tenaga listrik ini telah menerangi kehidupan bangsa Indonesia sejak tahun 1965.
Dalam menjalankan berbagai kegiatannya, PLN tentu menghadapi berbagai masalah yang menghambat kinerja perusahaan. Dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional ke-69, PT. PLN (Persero) dan BlogDetik memberikan kesempatan bagi saya untuk memberikan ide dan solusi yang diwujudkan dalam sebuah tulisan blog agar PLN tercinta dapat menjadi korporasi yang lebih baik lagi. Solusi yang saya berikan terdiri dari 4 aspek, yaitu inovasi, pelanggan, internal bisnis, dan finansial. Apa sajakah solusinya? Mari kita kupas lebih dalam.
Inovasi
Perusahaan wajib melakukan inovasi dan riset terus menerus agar kinerja perusahaan menjadi semakin baik. Inovasi yang dapat dilakukan PLN agar pelayanannya semakin memuaskan pelanggan yaitu dengan membuat Fun Charging Station, Sistem Real Time Online Listrik, dan Pembangkitan Khusus Daerah Tak Terjangkau.
PLN dapat melengkapi fasilitas di taman-taman kota maupun fasilitas umum lainnya dengan Fun Charging Station. Fun Charging Station (FCS) adalah fasilitas yang diberikan PLN pada pengunjung dengan cara memberikan listrik untuk pengisian daya (baterai) gadget mereka. PLN dapat memberikan secara cuma-cuma maupun berupa sebuah sepeda yang dapat merubah tenaga gerak menjadi listrik dengan cara mengayuh pedalnya, kemudian energi yang dihasilkan diubah menjadi energi listrik. Selain itu, manfaat lain dari alat ini yaitu dapat digunakan sebagai sarana olahraga gratis. Peningkatan citra perusahaan pun dapat dicapai dengan memberikan label “Fun Charging Station Powered by PLN” di setiap FCS yang tersedia, terlebih lagi bila pelayanan yang diberikan di FCS ini berkualitas prima sehingga perusahaan dapat meningkatan kepercayaan pelanggan.
Pelayanan perusahaan sebagai penyedia tenaga listrik pun harus diperhatikan. Perusahaan dapat membuat sebuah aplikasi atau sistem yang dapat diakses melalui website PLN dengan basis real time online. Konsumen dapat melihat secara real time konsumsi listrik yang telah terkonsumsi, berikut dengan jumlah tagihan yang sedang berjalan. Sistem ini pun dapat dilengkapi dengan notifikasi apabila tegangan listrik di tempat tersebut tengah turun ataupun akan mengalami pemadaman bergilir, sehingga pelanggan dapat mengetahui dan bersiap. Notifikasi ini dapat mengurangi jumlah komplain pelanggan serta dapat mengurangi kerugian yang dirasakan oleh pelanggan apabila memang terjadi pemadaman.
Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan. PLN seringkali menemui kesulitan untuk memberikan aliran listrik ke pulau-pulau terluar yang sulit dijangkau seperti di Pulau Nias, Nusa Tenggara hingga kepulauan Maluku. Perusahaan dapat memberikan pelayanan berupa pembangkitan listrik dengan energi alternatif terbarukan, misalnya tenaga mikro hidro yang hanya memanfaatkan aliran sungai kecil, ataupun pembangkit dengan tenaga gelombang air laut untuk pulau-pulau yang tentunya dikelilingi oleh lautan. PLN diharapkan dapat melakukan penelitian terus-menerus dalam bidang energi alternatif, serta ditambah pula dengan riset dalam bidang efisiensi pembangkitan dan distribusi listrik, sehingga hal-hal tersebut dapat memberikan pengaruh finansial pada perusahaan berupa penghematan anggaran perusahaan.
Pelanggan
Pelanggan merupakan elemen penting dalam kemajuan perusahaan. PLN dapat memberi penghargaan kepada konsumen yang loyal, efisien, dan tepat waktu dalam membayar tagihan listrik. Penghargaan dapat diberikan kepada perseorangan maupun korporasi, dan diharapkan dapat memberi inspirasi bagi pelanggan lain untuk meniru dan menerapkan efisiensi dalam penggunaan listrik.
Bukan hanya itu, pelanggan harus diberikan pelayanan terbaik ketika perusahaan menghadapi keluhan dari pelanggan. Petugas yang melayani pelanggan tersebut harus memberi pelayanan terbaik hingga keluhan tertangani, serta dapat memberi edukasi secara langsung terhadap efisiensi energi dan keamanan dalam menggunakan listrik.
Perusahaan pun membutuhkan sosok yang dapat mensosialisasikan masalah efisiensi energi dan keamanan, serta membentuk citra PLN yang semakin baik. Sosok tersebut dapat dipilih melalui ajang Putra Putri Hemat Listrik. Pemenang dari ajang ini akan memberikan kontribusinya untuk mensosialisasikan produk perusahaan serta mengedukasi lingkungan sekitar tentang penggunaan listrik yang bijak.
Internal Bisnis
Perusahaan pun wajib memperbaiki internal organisasi demi perbaikan kinerja perusahaan. Profesionalitas kerja serta budaya pelayanan prima kepada pelanggan harus dipupuk secara kontinu. Perusahaan dapat membuat tim budaya yang bertugas sebagai agen sosialisasi dan pemberi reward bagi unit kerja maupun karyawan perseorangan yang telah menjalankan budaya tersebut dengan baik. Alhasil budaya ini dapat terus dimonitor serta dilakukan secara berkelanjutan.
Finansial
Aspek finansial merupakan aspek yang sangat penting bagi perusahaan. PLN diharapkan dapat berinvestasi untuk meningkatkan layanan terhadap pelanggan serta mengurangi hutang. Cara yang dapat perusahaan tempuh yaitu mengkampanyekan hemat listrik kepada pelanggan. Sebagai informasi, membangkitkan listrik lebih sukar dan mahal dibandingkan untuk melakukan penghematan. Perusahaan akan mendapatkan laba yang lebih banyak apabila pelanggan melakukan penghematan.
Alternatif lainnya adalah menerapkan tarif regional kepada para pelanggan. Pelanggan di lokasi yang lebih sulit untuk membangkitkan listrik seperti di Jakarta sepatutnya mendapatkan harga lebih mahal daripada di kota lain yang memiliki pembangkit listrik sendiri. Cara-cara diatas diharapkan dapat memperbesar arus kas masuk dan melancarkan arus kas perusahaan. Dengan begitu perusahaan dapat melakukan investasi, tidak lagi banyak berhutang seperti sekarang serta melakukan perbaikan terus-menerus.
Demikianlah ulasan pemikiran saya mengenai ide agar Perusahaan Listrik Negara lebih baik lagi setiap waktunya. Terimakasih telah memberikan kehidupan yang lebih baik bagi bangsa. Selamat Hari Listrik Nasional ke-69 .
Komentar
Posting Komentar